Kemenangan MU Atas PSG Terinspirasi oleh Kesuksesan Ajax

Ole Gunnar Solskjaer

id-goal – Manchester United berhasil lolos dari tekanan dengan meraih kemenangan atas PSG di laga leg kedua 16 besar Liga Champions hari Kamis (7/3) kemarin. Sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer, mengakui bahwa timnya terinspirasi oleh kesuksesan Ajax.

Ajax merupakan salah satu peserta babak perempat final mendatang. Mereka berhasil melewati hadangan sang juara bertahan, Real Madrid, setelah menang dalam laga leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3) kemarin dengan skor telak 4-1.

Hasil tersebut jelas jauh di luar dugaan publik, sebab di leg pertama skuat asuhan Erik ten Hag tersebut kalah dengan skor 1-2. Mengingat pertemuan kedua itu digelar di markas Madrid, ditambah materi tim yang timpang, maka wajar jika Los Merengues lebih diunggulkan.

Terinspirasi Kesuksesan Ajax

Tak disangka, kemenangan Ajax tersebut memberikan pengaruh positif kepada klub lainnya. Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengakui bahwa ia menjadikan pertandingan itu sebagai motivasi untuk para pemainnya.

“Kami melihatnya malam tadi [Rabu dini hari WIB], Real Madrid vs Ajax, itulah pembicaraan tim kami. Mungkin seperti itu juga pembicaraan tim mereka,” tutur Solskjaer kepada situs resmi klub usai pertandingan.

“Tahun lalu, ada Real Madrid vs Juventus, itu juga nyaris [membalikkan keadaan]. Di tahun sebelumnya ada Paris melawan Barcelona. Kami selalu tahu bahwa semuanya masih mungkin terjadi,” lanjutnya.

Bisa Sampai ke Final

Hasil kontra PSG membuat kepercayaan diri Solskjaer melambung tinggi. Pelatih asal Norwegia tersebut sampai yakin bahwa timnya bisa melaju lebih jauh di ajang Liga Champions, bahkan sampai ke babak final.

“Tentu saja,” jawab Solskjaer saat ditanya peluang MU juara Liga Champions. “Kami yakin bisa terus melaju. Tapi kami harus menunggu undian dan melakoni pertandingan sama seperti saat ini,” lanjutnya.

Kemenangan Manchester United pun terasa semakin spesial, sebab mereka melawat ke Parc des Princes dengan kondisi pincang. Tercatat 10 pemain harus absen pada laga kali ini, sebagian besar di antaranya sedang menjalani masa perawatan akibat cedera.

“Kami punya banyak pemain yang cedera dan terkena hukuman, tapi mungkin itu adalah hal yang bagus hari ini. Ini adalah sebuah tim yang segar dengan energi penuh, dan kami tahu harus bermain bertahan, rendah diri, dan bekerja keras. Dan kami melakukannya,” tutupnya.